Bekerja

bio_andar ismail“Kita bekerja karena hidup ini mempunyai arti. Kita bekerja supaya hidup ini memberi arti. Hidup ini cuma sekali. Sekali berarti, sesudah itu mati. Soalnya, apakah hidup kita sekarang ini sudah mempunyai arti dan sudah memberi arti?” – DR Andar Ismail


“Seringkali, manusia berubah menjadi serakah ketika memiliki lebih. Tetapi, ketika kita tidak memiliki apa-apa, sepertinya kita lebih mudah berpasrah pada Tuhan, lebih rendah hati dan lebih mudah berbagi dengan sesama. Ketika kesuksesan itu datang, kita mulai memegahkan diri, mulai mendengki dan menjadi pelit dalam berbagi. Kenapa? Yang pasti, tidak selalu kesuksesan datang dari Allah sehingga berbuah kebaikan. Jadi, bertekunlah dalam Tuhan dan waspadalah. Sebaliknya, situasi belum sukses bukan berarti Tuhan tidak memberkati kita. Berkat Tuhan datang dalam berbagai bentuk, bahkan ketika kita merasa terabaikan. Bukankah kita justru semakin rajin berseru dan menyapa Tuhan dalam kegalauan kita?” – DR Andar Ismail dalam “Selamat Bekerja”


Kita bekerja untuk mendapat nafkah. Tetapi sesempit itukah tujuan kerja? Masakan hidup ini hanya bertujuan untuk mencari nafkah?


Kita adalah makhluk yang lebih dari sekedar punya mulut dan perut. Kita mempunyai martabat diri dan hati nurani. Diri itu tidak akan terwujud kalau kita cuma goyang-goyang kaki. Karena itu kita bekerja. Dengan bekerja, diri kita diaktualkan. Inilah aktualisasi diri, kata psikolog Abraham Maslow. Dengan bekerja, diri kita jadi berarti dan memberi arti.


Kita bekerja karena diajak untuk bekerja bersama-sama Tuhan. Kita adalah “kawan sekerja Allah” (1 Kor. 3: 9). Ketika kita bekerja, Tuhan bekerja di dekat kita.


 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s