Biografi Andar Ismail

bio_andarismail_satuharapan
Foto: satuharapan.com

Pdt DR Andar Ismail, S.Th (Siem Hong An) memulai pelayanannya dengan berstatus tua-tua khusus di Jemaat (GKI) Kelinci sejak 26 Januari 1964.

Tanggal 25 Juni 1965 ditahbiskan sebagai pendeta jemaat. Namun jemaat harus merelakan Pendeta Andar meninggalkan mereka selama dua tahun (1973 – 1975), sebab ia beralih tugas melayani di Bina Warga Cipayung atas permintaan Sinode GKI Jabar. Setelah itu ia kembali bertugas di Jemaat Kelinci.

Sejak 1 September 1988 ia menjadi pendeta utusan GKI Jabar di Sekolah Tinggi Teologi Jakarta, sampai sekarang dan juga bekerja sebagai dekan Program Pascasarjana disini.

Ia menjadi seorang teolog yang terkenal karena buku-buku Seri Selamat dimana pada setiap karyanya terdapat 33 bab yang ditulis dengan berbagai genre. Mengapa memilih angka 33. “Angka 33 menjadi begitu penting bagi saya, karena mengingatkan hal terpenting dalam hidup, yaitu bukan panjangnya umur kita, melainkan kualitas hidup kita. Maka, pergunakan setiap tahun dengan sebaik-baiknya supaya berbuah,” ucapnya penuh motivasi dalam acara ‘Bertemu dengan Penulis Seri Selamat, Andar Ismail’ di BPK Gunung Mulia, Kwitang, Jakarta Pusat beberapa waktu yang lalu.

Sejumlah tulisannya juga diterjemahkan oleh gereja di mancanegara, misalnya Jepang, Taiwan, Amerika serikat, Belanda bahkan sampai di Norwegia. Seperti Ecumenical Review, Presbyterian Survey, Audenshaw Documents, Japan Christian Quaterly, Horizons Presbyterian Women, Laity Exchange, Presbyterian Outlook. (Sumber: Goodread dan sumber lainnya)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s